Bisnis seperti Rubik..

‘Ayo Pa cobain, seru nih mainan nya’, ujar Rara, putri bungsu ku sambil memberikan rubik baru nya kepada ku. ‘G’a ah, ga mau’ jawab ku sekenanya. Gampang, cuma puter puter aja koq pa lanjut nya menyemangati aku. Sini pa, aku ajarin ujar nya lagi. Nah perhatiin nih pa, jari jari mungil nyapun lincah membolak balikkan mainan kubus 3×3 nya. Ajaib, dalam hitungan detik ke enam bidang rubik telah tersusun dengan sempurna. Tuh, gampang kan pamernya lagi

Merasa tertantang, akhirnya kupinjam rubik nya. Bolak balik, putar kanan putar kiri, tak juga bisa tersusun. Jangan kan untuk menyusun ke enam bidang,  untuk menyelesaikan satu bidang saja lewat 5 menit pun aku belum berhasil. Wah papa IQ nya diragukan nih, ejek Rara sambil tertawa. Kata nya sekolah udah master, maen rubik gituan aja ga bisa, logikanya mana? ejek nya lagi.

Hush..! Mulai kurang ajar ya kamu dek, gemas ku sambil mencium pipinya. Ajarin dong. Gini pa, perhatiin nih. Pertama kita harus menyelesaikan satu bidang dulu. Sambil memutar mutar rubik sesuai arahan nya walhasil satu bidang sudah tuntas. Lha terus yang sudah tersusun koq diacak acak lagi sih dek? tanya ku. Iya emang gitu pa, kalo papa ngga berani merubah nya kita ngga bakalan bisa nyelesaiin ke lima bidang lain nya jelasnya bak guru profesional.

Yup, I got it. Main Rublik laksana perusahaan yang akan menjalankan long term business nya. Ditahap awal quick win harus bisa tercapai, agar motivasi team terangkat. Namun itu bukanlah segalanya . Bila terbuai dalam sukses sesaat maka goal perusahaan yang lebih besar akan sekedar menjadi mimpi belaka.  Perlu ada keberanian untuk merubah sukses kecil yang sudah diraih. Bisa jadi ini akan merubah kemapanan yang telah terbiasa dinikmati oleh seluruh pegawainya.

Untuk meluluh lantakan comport zone tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi top leader. Pergulatan didalam organisasi pasti akan sangat panas karena terlalu banyak kepentingan yang harus dipertimbangkan. Namun satu hal yang wajib dilakukan adalah komunikasi yang jelas dan intens dari leader kepada seluruh karyawan nya mau dibawa kemana perubahan ini. Bila goal yang hendak dicapai dapat disampaikan dengan sangat jelas, rasanya tidak akan ada  yang takut akan perubahan.

So seperti permainan rubik, meski  satu bidang telah tersusun, kita harus rela membongkarnya kembali agar ke enam bidang dapat tersusun dengan sempurna.Bisnis juga begitu.

Beranikah?

8 responses to “Bisnis seperti Rubik..

  1. muantepppp pak tulisannya..i like it… 🙂

  2. @kiki: suka maen rubik juga ya? 🙂

  3. q suka rubik yg “kerupuk” pak, bukan mainan.. 🙂

  4. Siapa takut 🙂 Asal jangan ke luar Jawa hihihihi …

  5. wah..bagus banget ulasannya bro.., salute!

  6. So Inspiring me…. Terima kasih pak… Jangan pernah bosen utk menulis dan berbagi ilmu ya Pak… Alhamdulillah, saat ini saya sedang diberi kesempatan untuk banyak belajar dari bapak… 🙂

  7. dear D: Indonesia itu luas lho, bukan cuma Jawa. anyway, skrg saya bahkan udah pindah lagi, ke semarang. hmmmm…

    dear Nitha: terima kasih…terima kasih (sambil membungkuk ) hehe

    dear Dian: wualah, belajar apa dari saya? belajar sulap.. ? 🙂 tks udah mampir ke blog ku.

  8. hahahaha . . . gimana kalo di test IQ SL disini pake rubik . . .yang ga lulus harus belajar sama rara . . .

Leave a comment